Senin, 14 Januari 2019

Analisis Jurnal Enterprener





1.      Judul   : PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA,  STRATEGI    PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI DESA DAYAAN DAN KALILONDO SALATIGA

oLEH: Yosep Belen Keban

2.      Pengarang:  Endang Purwanti
3.      Latar Belakang:
Fenomena              : Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dewasa ini mengalami ketidakstabilan dalam melakukan aktivitas bisnis sebab dipengaruhi aneka persoalan. Aneka persoalan itu bisa saja datang diri sendiri atau pun dari pihak luar. Mengatasi persoalan itu, peran pemerintah sangat dibutuhkan di sini. Pemerintah telah dengan segala cara dan usaha mencoba membantu untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan namun usaha itu belum dijalankan secara maksimal oleh pelaku usaha atau wirausaha.  Kebanyakan pelaku usaha berpikir gagal terlebih dahulu sebelum mencoba. Adapula yang sudah mencoba namun tidak dibarengi dengan niat dan usaha keras serta relah berkorban. Tantangan dan persaingan yang sehat menjadi faktor utama dalam mematikan usaha apabila tidak sepenuh hati menjalankan usaha.  Hal inilah yang membuat usaha si pelaku usaha tidak bertumbuh dan berkembang. Sikap yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah keinginan  untuk berinovatif, kemauan menerima tanggung jawab pribadi mewujudkan suatu peristiwa dengan cara yang mereka pilih, dan keinginan untuk berprestasi yang sangat tinggi. Geoffrey Crowther dalam buku ( Masykur,2001) menambahkan sikap optimis dan kepercayaan terhadap masa depan. Sikap ini yang akan mengantar seorang usaha pada puncak kesuksesan. Dalam penelitian ini, penulis hendak mengetahui apakah ada pengaruh atau hubungan antara Karkteristik usaha dan perkembangan UMKM, hubungan antara modal usaha terhadap perkembangan UMKM, strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga.

Tujuan Penelitian        : Adapun tujuan riset dengan judul ini adalah mendukung dan melengkapi hasil penelitian terdahulu tentang masalah perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah.
Motivasi Penelitian     : Untuk mengetahui apakah ada pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha dan strategi pemasaran terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Desa Dayakan dan Kalilondo di Salatiga.
Sedangkan manfaat dari penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi pelaku UMKM di kota Salatiga dalam mengembangkan usahanya dan umumnya bagi instansi terkait di kota Salatiga yaitu Dinas Perindagkop dan UMKM Salatiga dalam melakukan pembinaan , pelatihan dan bantuan yang dapat dilakukan agar UMKM di Salatiga dapat berkembang dan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat yang dikarenakan terbukanya atau terserapnya tenaga kerja dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). .
4.      Metodologi     : Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus atau sampel jenuh. Hal ini dikarenakan jumlah responden tidak lebih dari 100 UMKM.

5.      Kerangka Penelitian:
Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua variabel yakni variabel Dependen dan Independen. Adapun  Variabel-variabel itu adalah sbb:

Karakteristik
Text Box: Perkembangan UMKM

Y
Wirausaha           (x1)

 
Modal Usaha           x2


Strategi Pemasaran   x3


6.      Hasil dan Analisis
Dari jurnal ini, penulis menampilkan hasil penelitiannya adalah demikian. Dalam penelitian ini untuk pengukuran validitas instrumen penelitian digunakan corrected item-total corelation, dari uji validitas diperoleh hasil seluruh pernyataan variabel penelitian ini lebih dari 0,2  menunjukan seluruh pernyataan dalam kuesioner dapat dinyatakan valid. Dengan demikian seluruh butir pernyataan dalam kuesioner penelitian dapat digunakan dalam penelitian ini. Salah satu metode pengujian reliabilitas adalah dengan menggunakan Alpha Cronbach. Dalam hasil uji Hipotesis Persamaan regresi untuk prediksi perkembangan usaha adalah :    Y =  4,303 + 0,258 X1 +0,568 X2 + 0,052 X3  Hasil penghitungan regresi berganda menunjukkan nilai konstanta sebesar 4,303 dengan t hitung sebesar 1,989 atau sig 0,053 lebih besar dari alpha 0,05, maka koefisien konstanta tidak signifikan. Koefisien regresi karakteristik wirausaha sebesar 0,258 dengan t hitung sebesar 2,091 atau sig 0,043 lebih kecil dari alpha 0,05, maka koefisien regresi karakteristik wirausaha signifikan. Untuk koefisien regresi modal usaha sebesar 0,568 dengan t hitung sebesar 4,080 atau sig 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05, maka koefisien modal usaha signifikan.Sedangkan koefisien strategi pemasaran sebesar 0,052  dengan t hitung sebesar 0,502 atau sig 0,619 lebih besar dari alpha 0,05 , maka koefisien strategi pemasaran tidak signifikan.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis pada UMKM di desa Dayaan dan desa Kalilondo di Kec. Sidorejo Kidul, Kota Salatiga diajukan hipotesis untuk mengetahui pengaruh faktor karakteristik wirausaha terhadap perkembangan usaha.  Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan sinifikan faktor karakteristik wirausaha terhadap perkembangan usaha UMKM di desa Dayaan dan desa Kalilondo Salatiga. Untuk mencapai perkembangan usaha sesuai yang diharapkan seorang wirausaha mempunyai kemampuan untuk terus berinovasi mencari hal yang baru sehingga tidak ketinggalan dengan berkembangnya produk-produk dipasaran dan selalu mempunyai keinginan untuk dapat bersaing dengan keunggulan yang dimiliki, mampu mengelola tenaga kerja sehingga akan mempunyai tenaga kerja yang loyal dan mempunyai produktifitas yang tinggi dan berani bertanggung jawab dengan barang yang dihasilkan yang berarti wirausaha berani menanggung kualitas barang yang dihasilkan.
Hasil penelitian juga menunjukan ada pengaruh yang positif dan signifikan faktor modal usaha terhadap perkembangan usaha UMKM di desa Dayaan dan desa Kalilondo  di Salatiga . Modal usaha yang dimaksud adalah modal usaha yang digunakan dalam menunjang usaha dan kemudahan mendapatkan modal usaha. Semakin besar  modal yang digunakan dan semakin mudah untuk mendapatkan modal usaha akan mengakibatkan meningkatnya perkembangan usaha.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan ada pengaruh yang positif namun tidak signifikan faktor strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha, hal ini dikarenakan produk yang dihasilkan oleh UMKM  tidak dipasarkan secara langsung ke pasar atau ke konsumen, sehingga tidak memerlukan strategi pemasaran, produk yang dihasilkan dijual ke pedagang atau ke toko-toko dimana pedagang yang membeli produk tersebut yang memberikan label dan pengemasan sesuai dengan ukuran atau berat yang diminati para konsumen. Dengan kondisi tersebut maka para wirausaha tidak memerlukan label, kemasan ataupun promosi lainnya demikian juga penetapan harga, sehingga hasil penelitian tidak signifikan.
Faktor karakteristik wirausaha,modal usaha, dan strategi pemasaran  terbukti secara bersama-sama atau (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan usaha UMKM di desa Dayaan dan desa Kalilondo Salatiga. Dengan demikian ketiga faktor tersebut merupakan hal yang harus mendapatkan perhatian secara bersama untuk meningkatkan perkembangan usaha, meskipun dalam hasil analisis diperoleh bahwa  faktor strategi pemasaran tidak signifikan, namun pada hasil analisis secara simultan memperoleh hasil yang signifikan, hal ini dikarenakan pengaruh startegi pemasaran terhadap perkembangan usaha kecil, yang mempunyai pengaruh dominan adalah faktor modal usaha.

7.      Kesimpulan
Dari penelitian itu, penulis dalam jurnal itu menyimpulkan demikian:
ü  Terdapat pengaruh karakteristik wirausaha terhadap perkembangan usaha UMKM di  desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga secara signifikan, hasil penelitian menunjukan pengaruh positif, yang berarti semakin tinggi karakteristik wirausaha maka akan semakin tinggi perkembangan usaha UMKM di desa Dayaan dan desa Kalilondo Salatiga.
ü  Modal usaha terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha, hal ini perlu mendapat perhatian dikarenakan hasil penelitian menunjukan bahwa modal usaha mempunyai pengaruh yang paling dominan, UMKM memerlukan kemudahan untuk medapatkan modal khususnya UMKM di desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga.
ü   Sedangkan faktor strategi pemasaran tidak terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan usaha, kondisi ini dikarenakan pemasaran tidak dilakukan secara langsung ke konsumen namun melalui para pedagang dan toko-toko.
ü  Terdapat pengaruh karakteristik usaha, modal usaha dan strategi pemasaran secara bersama terhadap perkembangan UMKM di desa Dayaan dan desa Kalilondo Salatiga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar