1.
Judul :
PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA, STRATEGI
PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI DESA DAYAAN DAN KALILONDO
SALATIGA
oLEH: Yosep Belen Keban
2. Pengarang: Endang Purwanti
3. Latar
Belakang:
Fenomena : Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) dewasa ini mengalami ketidakstabilan dalam melakukan aktivitas bisnis
sebab dipengaruhi aneka persoalan. Aneka persoalan itu bisa saja datang diri
sendiri atau pun dari pihak luar. Mengatasi persoalan itu, peran pemerintah
sangat dibutuhkan di sini. Pemerintah telah dengan segala cara dan usaha
mencoba membantu untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan namun usaha itu belum
dijalankan secara maksimal oleh pelaku usaha atau wirausaha. Kebanyakan pelaku usaha berpikir gagal
terlebih dahulu sebelum mencoba. Adapula yang sudah mencoba namun tidak
dibarengi dengan niat dan usaha keras serta relah berkorban. Tantangan dan
persaingan yang sehat menjadi faktor utama dalam mematikan usaha apabila tidak
sepenuh hati menjalankan usaha. Hal
inilah yang membuat usaha si pelaku usaha tidak bertumbuh dan berkembang. Sikap
yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah keinginan untuk berinovatif, kemauan menerima tanggung
jawab pribadi mewujudkan suatu peristiwa dengan cara yang mereka pilih, dan
keinginan untuk berprestasi yang sangat tinggi. Geoffrey Crowther dalam buku (
Masykur,2001) menambahkan sikap optimis dan kepercayaan terhadap masa depan.
Sikap ini yang akan mengantar seorang usaha pada puncak kesuksesan. Dalam
penelitian ini, penulis hendak mengetahui apakah ada pengaruh atau hubungan
antara Karkteristik usaha dan perkembangan UMKM, hubungan antara modal usaha
terhadap perkembangan UMKM, strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM di
Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga.
Tujuan
Penelitian : Adapun tujuan riset
dengan judul ini adalah mendukung dan melengkapi hasil penelitian terdahulu
tentang masalah perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah.
Motivasi
Penelitian : Untuk mengetahui apakah
ada pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha dan strategi pemasaran
terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Desa Dayakan dan
Kalilondo di Salatiga.
Sedangkan
manfaat dari penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi pelaku UMKM di
kota Salatiga dalam mengembangkan usahanya dan umumnya bagi instansi terkait di
kota Salatiga yaitu Dinas Perindagkop dan UMKM Salatiga dalam melakukan
pembinaan , pelatihan dan bantuan yang dapat dilakukan agar UMKM di Salatiga
dapat berkembang dan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan
daerah dan kesejahteraan masyarakat yang dikarenakan terbukanya atau
terserapnya tenaga kerja dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). .
4.
Metodologi : Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
sensus atau sampel jenuh. Hal ini dikarenakan jumlah responden tidak lebih dari
100 UMKM.
5.
Kerangka Penelitian:
Dalam
penelitian ini penulis menggunakan dua variabel yakni variabel Dependen dan
Independen. Adapun Variabel-variabel itu
adalah sbb:
Karakteristik
Wirausaha
(x1)
Modal
Usaha x2
Strategi
Pemasaran x3
6.
Hasil dan Analisis
Dari
jurnal ini, penulis menampilkan hasil penelitiannya adalah demikian. Dalam
penelitian ini untuk pengukuran validitas instrumen penelitian digunakan corrected item-total corelation, dari
uji validitas diperoleh hasil seluruh pernyataan variabel penelitian ini lebih
dari 0,2 menunjukan seluruh pernyataan
dalam kuesioner dapat dinyatakan valid. Dengan demikian seluruh butir pernyataan
dalam kuesioner penelitian dapat digunakan dalam penelitian ini. Salah satu
metode pengujian reliabilitas adalah dengan menggunakan Alpha Cronbach. Dalam
hasil uji Hipotesis Persamaan regresi untuk prediksi perkembangan usaha adalah
: Y =
4,303 + 0,258 X1 +0,568 X2 + 0,052 X3
Hasil penghitungan regresi berganda menunjukkan nilai konstanta sebesar
4,303 dengan t hitung sebesar 1,989 atau sig 0,053 lebih besar dari alpha 0,05,
maka koefisien konstanta tidak signifikan. Koefisien regresi karakteristik
wirausaha sebesar 0,258 dengan t hitung sebesar 2,091 atau sig 0,043 lebih
kecil dari alpha 0,05, maka koefisien regresi karakteristik wirausaha
signifikan. Untuk koefisien regresi modal usaha sebesar 0,568 dengan t hitung
sebesar 4,080 atau sig 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05, maka koefisien modal
usaha signifikan.Sedangkan koefisien strategi pemasaran sebesar 0,052 dengan t hitung sebesar 0,502 atau sig 0,619
lebih besar dari alpha 0,05 , maka koefisien strategi pemasaran tidak
signifikan.
Hasil
penelitian yang dilakukan oleh penulis pada UMKM di desa Dayaan dan desa
Kalilondo di Kec. Sidorejo Kidul, Kota Salatiga diajukan hipotesis untuk
mengetahui pengaruh faktor karakteristik wirausaha terhadap perkembangan
usaha. Hasil yang diperoleh menunjukan
bahwa terdapat pengaruh yang positif dan sinifikan faktor karakteristik
wirausaha terhadap perkembangan usaha UMKM di desa Dayaan dan desa Kalilondo
Salatiga. Untuk mencapai perkembangan usaha sesuai yang diharapkan seorang
wirausaha mempunyai kemampuan untuk terus berinovasi mencari hal yang baru
sehingga tidak ketinggalan dengan berkembangnya produk-produk dipasaran dan
selalu mempunyai keinginan untuk dapat bersaing dengan keunggulan yang
dimiliki, mampu mengelola tenaga kerja sehingga akan mempunyai tenaga kerja
yang loyal dan mempunyai produktifitas yang tinggi dan berani bertanggung jawab
dengan barang yang dihasilkan yang berarti wirausaha berani menanggung kualitas
barang yang dihasilkan.
Hasil
penelitian juga menunjukan ada pengaruh yang positif dan signifikan faktor
modal usaha terhadap perkembangan usaha UMKM di desa Dayaan dan desa
Kalilondo di Salatiga . Modal usaha yang
dimaksud adalah modal usaha yang digunakan dalam menunjang usaha dan kemudahan
mendapatkan modal usaha. Semakin besar
modal yang digunakan dan semakin mudah untuk mendapatkan modal usaha
akan mengakibatkan meningkatnya perkembangan usaha.
Hasil
penelitian yang dilakukan menunjukan ada pengaruh yang positif namun tidak
signifikan faktor strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha, hal ini
dikarenakan produk yang dihasilkan oleh UMKM
tidak dipasarkan secara langsung ke pasar atau ke konsumen, sehingga
tidak memerlukan strategi pemasaran, produk yang dihasilkan dijual ke pedagang
atau ke toko-toko dimana pedagang yang membeli produk tersebut yang memberikan
label dan pengemasan sesuai dengan ukuran atau berat yang diminati para
konsumen. Dengan kondisi tersebut maka para wirausaha tidak memerlukan label,
kemasan ataupun promosi lainnya demikian juga penetapan harga, sehingga hasil
penelitian tidak signifikan.
Faktor
karakteristik wirausaha,modal usaha, dan strategi pemasaran terbukti secara bersama-sama atau (simultan)
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan usaha UMKM di desa
Dayaan dan desa Kalilondo Salatiga. Dengan demikian ketiga faktor tersebut
merupakan hal yang harus mendapatkan perhatian secara bersama untuk
meningkatkan perkembangan usaha, meskipun dalam hasil analisis diperoleh
bahwa faktor strategi pemasaran tidak
signifikan, namun pada hasil analisis secara simultan memperoleh hasil yang
signifikan, hal ini dikarenakan pengaruh startegi pemasaran terhadap
perkembangan usaha kecil, yang mempunyai pengaruh dominan adalah faktor modal
usaha.
7.
Kesimpulan
Dari
penelitian itu, penulis dalam jurnal itu menyimpulkan demikian:
ü Terdapat
pengaruh karakteristik wirausaha terhadap perkembangan usaha UMKM di desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga secara
signifikan, hasil penelitian menunjukan pengaruh positif, yang berarti semakin
tinggi karakteristik wirausaha maka akan semakin tinggi perkembangan usaha UMKM
di desa Dayaan dan desa Kalilondo Salatiga.
ü Modal
usaha terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha,
hal ini perlu mendapat perhatian dikarenakan hasil penelitian menunjukan bahwa
modal usaha mempunyai pengaruh yang paling dominan, UMKM memerlukan kemudahan
untuk medapatkan modal khususnya UMKM di desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga.
ü Sedangkan faktor strategi pemasaran tidak
terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan usaha, kondisi ini
dikarenakan pemasaran tidak dilakukan secara langsung ke konsumen namun melalui
para pedagang dan toko-toko.
ü Terdapat
pengaruh karakteristik usaha, modal usaha dan strategi pemasaran secara bersama
terhadap perkembangan UMKM di desa Dayaan dan desa Kalilondo Salatiga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar